Membuat Koneksi PHP dengan MySql

Membuat koneksi php dengan MySql sangatlah mudah. Kode program yang digunakan sangatlah singkat. Jadi anda tidak perlu menghapal terlalu banyak kode program untuk membuat koneksi ini. Selain dari kode program php yang saya tunjukan di sini sebenarnya masih ada jenis penulisan kode lain yang lebih singkat. Tetapi saya buat kode program lebih panjang di sini agar mudah untuk penjelasan dan pemahamannya.

Nah sebelum membuat file phpnya terlebih dahulu anda harus membuat database di PhpMyAdmin yang tutorialnya anda bisa temukan di di sini.

Kemudian bukalah notepad++ yang sudah terinstal di komputer anda. Bagaimana cara instal notepad++ bisa anda temukan disini.

Kemudian anda bisa menuliskan kode program di notepad++ seperti yang ditunjukan pada gambar berikut.


Penjelasan dari kode program di atas adalah sebagai berikut:
  • $db_hostname merupakan variable menampung nama server yang kita gunakan sesuai dengan settingan apache server yang telah terinstal di komputer kita.
  • $db_username merupakan variable menampung nama username yang telah disetting di database server apache kita. Lihat cara setting username di server apache di sini.
  • $db_password merupakan variable menampung password database yang kita setting di database server apache kita.
  • $db_name meyimpan nama database yang sedang digunakan untuk aplikasi yang sedang kita buat.
Kemudian mysql_connect akan menghubungkan file php dengan database yang ada di server melalui localhost, dan menghubungkan file php tersebut dengan database yang username-nya  adalah PlazaTutorial dan password-nya adalah PlazaTutorial.

Lalu setelah server memeriksa apakah username dan password benar selanjutnya mysql_select_db akan memilih database DbTutorial sebagai file database yang akan di eksekusi oleh aplikasi yang akan kita buat.

Username, Password dan Database Name bisa anda ganti sesuai dengan yang telah anda buat sebelumnya.

Lalu file tersebut disimpan dengan nama apa saja yang anda inginkan, tetapi saya sarankan menyimpan dengan nama yang sesuai dengan fungsi file tersebut. Dalam pembahasan kita kali ini, file koneksi tersebut disimpan dengan nama koneksi.php


No comments:

Post a Comment