Import Text dari Word dengan AntiWord



Artikel ini saya ambil dari blognya pak Rosihanari dan saya mengucapkan banyak terimakasih kepada beliau karena banyak ilmu yang saya dapat dari sana.
Artikel ini membahas tentang cara meng-import teks dari micorsoft word dengan menggunakan php. Penjelasan yang diberikan menggunakan bantuan dari sebuah aplikasi yang namanya adalah antiword. 

Cara ini digunakan mengimport teks yang ada di dalam sebuah file berekstension .doc yang dihasilkan oleh aplikasi Office micorsoft. Word.
Metode ini  akan mengolah atau menganalisis teks yang berada dalam sebuah file .doc. Cara ini sangat bermanfaat nantinya jika Anda ingin mengembangkan aplikasi web. 

Sebagai contohnya adalah aplikasi untuk menganalisa apakah isi sebuah dokumen merupakan hasil plagiat atau tidak. 

Dalam pembuatan aplikasi tersebut, pastilah terdapat prosedur untuk mengekstrak isi dokumen yang berupa teks terlebih dahulu selanjutnya dianalisis.

Untuk mengimport teks dari dokumen .doc ini, nantinya kita memanfaatkan aplikasi lain yang bersifat free yaitu ANTI WORD. 

Aplikasi ini bisa Anda download di http://www.winfield.demon.nl. Di situ, Anda bisa dapatkan Anti Word untuk beberapa platform OS sesuai kebutuhan Anda. 

Di sini hanya akan dibahas penggunaan Anti Word di dalam OS Windows saja.

Setelah aplikasi Anti Word Anda download, selanjutnya Anda ekstrak filenya dan langsung bisa Anda gunakan tanpa perlu instalasi terlebih dahulu.

Bagaimana cara menggunakan Anti Word? Sepertinya Anti Word ini belum menyediakan interface yang user friendly, sehingga untuk menggunakannya Anda harus menggunakan command prompt. 

Meskipun begitu, cukup mudah diingat kok commandnya...

Berikut ini adalah perintah untuk membaca/mengekstrak/mengambil/mengimport isi teks dari sebuah file .doc bernama ‘test.doc’ kemudian isi tersebut disimpan ke dalam sebuah file ‘result.txt’

antiword.exe -m cp850.txt test.doc > result.txt

Keterangan:
parameter
-m cp850.txt menunjukkan bahwa dokumen yang diimport berformat Latin1 yang sering digunakan di Indonesia.

No comments:

Post a Comment