Perkembangan HTML dari Tahun ke Tahun

Apabila anda seorang yang sering mengutak atik website pasti nama HTML sudah tidak asing lagi ditelinga anda. Nah pernahkah kita memikirkan dari sejak kapan sih HTML mulai muncul ?

Nah kalau belum tahu berikut akan saya tuliskan berdasarkan kesimpulan yang saya dapat dari beberapa sumber tentunya.

HTML singkatan dari Hypertext Markup Language ternyata bukanlah sebuah bahasa pemrograman tetapi hanya script biasa yang dipakai untuk membuat sebuah halaman web.

HTML telah melalui banyak sekali perkembangan setelah dirilis sejak tahun 1991 oleh Tim Berners Lee. HTML itu sendiri merupakan dokumen teks biasa yang dirancang untuk tidak tergantung pada sistem operasi tertentu saja, tetapi bisa jalankan dari hampir semua sistem operasi.

Kalau dilihat dari sejarah perkembangan HTML sudah mengalami banyak perubahan sejak pertama sekali dirilis dan juga begitu banyak pengembangan yang dilakukan seperi penambahan fitur-fitur baru dan script-script baru untuk mendukung agar website kita semakin canggih.

Setiap versi terbaru dari HTML selalu ada pengembangan dari versi-versi sebelumnya. Berikut adalah revisi HTML berdasarkan tahun pengembanganya:

  •     HTML tahun 1991
  •     HTML+ tahun 1993
  •     HTML 2.0 tahun 1995
  •     HTML 3.2 tahun 1997
  •     HTML 4.01 tahun 1999
  •     XHTML tahun 2000
  •     HTML5 tahun 2012

Menuliskan HTML untuk membuat sebuah website merupakan sebuah seni, dimana seni untuk membuat sebuah tampilan website menjadi menarik sehingga setiap orang yang mengunjunginya bisa merasakan suatu kenyamanan. 

Untuk itu perlu kita sadari bahwa membuat sebuah halaman dengan HTML bukanlah sekedar menuliskan tag HTML tersebut agar bisa dilihat di web browser saja tetapi juga memiliki nilai seni desainnya. 

Kalau pada sejarah HTML dulu tujuan utamanya adalah untuk menampilkan sebuah halaman website ke browser, tetapi sekarang tujuan itu tidak bisa kita terapkan lagi, mau tidak mau tampilan web menjadi sesuatu yang semakin paling dibutuhkan saat ini.

Untuk memenuhi kebutuhan desain tersebutlah HTML 5 diluncurkan, bahkan kita mungkin akan tetap melihat penembangan-pengembangan HTML ini kedepanya nantinya. 

Kebutuhan akan karakter visual yang tinggi, dan desain yang memukau merupakan tantangan yang harus dipenuhi oleh desain sebuah halaman website terutama saat sekarang ini.

Sebagus apapun isi dari sebuah website apabila tidak didukung oleh tampilan yang menarik maka hanya akan sedikit orang yang akan mau membaca isi website tersebut. Sehingga HTML 5 diharapkan mampu berkolaborasi dengan bahasa javascript dan ajax untuk memenuhi kebutuhan ini.

Apabila anda tidak hanya ingin melihat sejarah perkembangan HTML tetapi anda ingin belajar untuk membuat sebuah website dari nol sampai jadi anda bisa menemukanya tutorialnya di sini. Tutorial ini menggunakan bahasa Indonesia sehingga akan sangat mudah bagi anda untuk mempelajarinya.

Sumber:  http://www.jualtutorialku.com/cd tutorial pemrograman

No comments:

Post a Comment