Belajar Dasar-Dasar Pemrograman PHP

PHP merupakan bahasa pemrograman yang sangat diminati oleh para desainer-desainer web selain ASP.Net. PHP merupakan salah satu bahasa pemrograman yang open source, sehingga kita bebas menggunakan bahasa pemrograman ini tanpa dipungut biaya apapun untuk menuliskan dan menggunakan bahasa programnya.

Sebelum kita memulai belajar dasar-dasar pemrograman PHP, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan terlebih dahulu untuk mendukung proses belajar mengajar kita yaitu:

  1. Kita perlu menginstal personal komputer kita dengan aplikasi Apache yang bisa di download di sini. Aplikasi apache ini berfungsi untuk membuat komputer kita menjadi komputer server sehingga kita tidak perlu membeli komputer server untuk belajar pemrograman php ini. Semua fungsi server akan dilakukan oleh Apache. Selain itu apache ini sudah dilengkapi juga dengan database mysql sehingga kita cukup instal apache saja, kita sudah mendapatkan dua fungsi sekaligus.
  2. Kemudian kita instal notepad++ ke komputer kita, yang bisa di download di sini dengan gratis. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu kita dalam menuliskan kode-kode program php. Selain notepad++ kita juga masih bisa menggunakan notepad biasa tetapi kalau di notepad biasa setiap baris tidak ada penomoran dan setiap kode yang berbeda tidak dibedakan warnanya. Berbeda dengan notepad++, setiap baris pasti diberi nomor sehingga gampang untuk melihat error program nantinya. Selain itu setiap perbedaan kode program pasti akan dibedakan warnanya. Contohnya kode program html akan dibedakan warnanya dengan kode program php, hal ini akan sangat membantu kita dalam menuliskan kode program.

Untuk melihat cara menginstal aplikasi apache dapat anda lihat di materi Cara Menginstal Aplikasi Apache.

Untuk melihat cara menginstal aplikasi notepad++ dapat anda lihat di materi Cara Menginstal Aplikasi Notepad++.

Sebagai tahap paling dasar yang kita lakukan dalam belajar kali ini adalah membuat sebuah database di mysql. Lihat materi Cara Membuat Database Mysql di PhpMyAdmin.

Sebagai tahap selanjutnya memulai belajar dasar-dasar pemrograman php file yang pertama sekali kita persiapkan adalah file koneksi antara php dengan mysql. Lihat penjelasanya di sini.

File php kedua yang perlu kita persiapkan adalah file header yang kita beri nama header.php. Lihat penjelasanya di sini.

Kemudian file ketiga yang perlu kita persiapkan adalah file footer yang kita beri nama footer.php. Lihat penjelasanya di sini.

Sumber : www.jualtutorialku.com


No comments:

Post a Comment