Membuat Footer dengan PHP

Setelah kita selesai membuat koneksi (koneksi.php) dan header (header.php), tugas selanjutnya adalah membuat footer dengan php yang dalam materi kali ini file akan kita simpan dengan nama footer.php.

Baiklah, kita langsung saja masuk ke dalam pembahasan, berikut adalah kode program untuk footer.php.


Nah dari kode program membuat footer dengan php yang terdapat pada gambar diatas, terdapat kode css didalamnya. Dalam hal ini kode css yang digunakan disini hampir sama dengan kode css yang digunakan pada header.php yang sudah kita buat sebelumnya silahkan dilihat lagi sebagi bahan perbandingan.

Berikut penjelasan kode css yang terdapat di file footer.php:

Width = lebar
Height = tinggi
Padding = jarak antara kolom
Border = bingkai
Text-Align = Format perataan text
Background-Color = Warna belakang latar
Border-radius = Kebulatan siku

Kemudian id css dengan nama footer akan dipanggil di kode <div id="footer"> dan diakhiri oleh </div> sehingga kode css yang ada didalam id tersebut akan menata isi footer sesusi dengan is css-nya.

Dalam sebuah website biasanya di bagian footer akan ditempatkan nama author, atau si desainer-nya. Beberapa website ada juga yang menempatkan beberapa menu dan link di footer. Dan di paling bawah sekali akan ditempatkan tag-tag penutup seperti </body> kemudian </html> yang sebelumnya telah di buka di header.php. Penulisan ini bisa saja berbeda sesuai dengan keinginan si programernya.

Berikut contoh footer yang akan kita gunakan dalam materi pembelajaran kita membuat footer dengan php.


Salam

 

1 comment:

  1. klo codingnya untuk menambah menu difooter gmn gan, misal menu contact, privacy policy, tentang blog dll gmn coding nya ?

    ReplyDelete