Membuat Game HP dengan Java J2ME


J2ME adalah singkatan dari Java 2 Micro Edition (J2ME) atau sering juga disebut Java ME, merupakan sebuah bahasa program pembuat aplikasi-aplikasi yang sangat fleksibel. Aplikasi yang dihasilkan dengan bahasa program ini bisa dijalankan di berbagai perangkat keras ukuran kecil (micro device) seperti hand phone, Palm, Pocket PC, Smart-Phone, PDA-Phone dan lain-lain.

Biasanya jenis perangkat keras seperti ini memakai memori yang kecil dan menggunakan sumber daya arus yang kecil seperti baterai. Selain itu biasanya perangkat seperti ini menggunakan layar monitor yang kecil serta kecepatan transfer data dalam jaringan juga kecil.

Nah untuk keperluan perangkat-perangkat seperti ini kita harus menggunakan aplikasi yang sesuai juga. Untuk itu Java 2 Micro Edition diciptakan.

Telah banyak kita temukan aplikasi-aplikasi yang menggunakan bahasa program ini, terutama untuk game-game handphone buatan luar yang banyak kita gunakan.

Bagi anda yang ingin belajar membuat aplikasi sendiri dengan menggunakan bahasa java ini ada beberapa cara yang harus dilakukan yaitu belajar dengan membaca buku-buku belajar membuat game dengan Java J2ME yang telah tersedia di toko-toko buku terdekat. Atau dengan cara yang kedua yaitu mencari sumber-sumber pembelajaran atau e-book dari internet.

Nah ada cara yang ketiga yang dapat kita gunakan untuk belajar pemrograman java ini yaitu dengan video tutorial. Belajar dengan video tutorial lebih mudah jika dibandingkan dengan belajar menggunakan buku-buku atau e-book. Dengan video tutorial ini kita akan lebih cepat memahami materinya karena kita bisa melihat langsung bagaimana instrukturnya membuat program tersebut.

Kini anda bisa mendapatkan video tutorial membuat game dengan Java J2ME ini di situs resminya.

Adapun materi-materi yang akan dibahas adalah sebagai berikut:
  • Instalasi IDE netbeans dan java (JDK)
  • Pengembangan aplikasi ponsel dengan J2ME
  • Pengantar pemrograman java
  • Dasar pembuatan animasi game pada J2ME
  • Mempercantik tampilan game dengan menambahkan animasi.
  • Membuat game sederhana pada ponsel dengan J2ME
Dengan anda menguasai video ini diharapkan anda bisa membuat game HP dengan Java J2ME, anda bisa mengembangkannya menjadi sebuah game yang bernilai jual tinggi, tergantung kerja keras anda, ketekunan anda dan semangat anda.

3 comments:

  1. ide sekarang beragam ya gan, dari eclipse netbean, jadi bingung harus gunain yang mana

    ReplyDelete
  2. Iya gan...sekarang pilihan dan jenis pemrograman juga semakin banyak, bisa-bisa jadi bingung. Kalau saya tetap fokus pada satu bidang saja, belajar terus pada bidang itu hingga bisa benar-benar mahir.

    Terkadang membuat orang kurang mahir, karena pindah-pindah bahasa program dan gak menetap dan mengembangkan bahasa yang sudah dikuasai, padahal masih banyak yang butuh bahasa itu...

    ReplyDelete
  3. makasih gan. soalnya saya dari dlu engga kesampean buat game hehe

    ReplyDelete